Rabu, 05 Desember 2012

Macro Pada Microsoft Access 2007

Macro merupakan alat untuk membuat rangkaian perintah otomatis, yang berisi sejumlah aksi berbentuk perintah yang dapat mengotomasisasikan operasi setiap kali bekerja dengan cara yang sama. Macro dapat dijalankan dari form melalui Command Button, On Click padacontrol property, tombol pada toolbar, kombinasi kunci atau dari macrolain. Macro bisa berupa macro tunggal yang terdiri dari beberapa aksi,atau bisa juga berupa grup macro yang merupakan kumpulan beberapamacro yang saling berkaitan yang disimpan secara bersama-sama dengansatu buah nama macro. Berikut ini langkah-langkahnya :

Langkah 1
Buatlah database baru dengan nama Latihan 10, kemudian buatlah sebuah tabel baru dengan nama Data Mahasiswa.


Langkah 2
Ubahlah tampilan tabel menjadi datasheet dan masukan datanya :


Selanjutnya klik Create- Macro, kemudian klik tombol Design – Condition.

Langkah 3
Pada jendela Macro, buatlah macro seperti gambar dibawah ini:


Langkah 4
Masukan beberapa perintah Macro seperti tabel dibawah ini:


Langkah 5
Tutuplah jendela Macro dan simpan dengan nama Data Macro, kemudian Aktifkan kembali tabel Data Mahasiswa.
 
Langkah 6
Buatlah sebuah form baru dari tabel Data Mahasiswa, klik tombol Create- Form. Pada jendela Form, ubah tampilan menjadi Design View Klik Button – Drag, seperti gambar dibawah ini:

 
Langkah 7
Kotak dialog Command Button Wizard akan tampil, pada tahap pertama, pilih Categories Miscellaneous dengan Action Run Macro dan klik tombol Next. Kemudian klik tombol Next, Pilih Option Text dan ketik Predikat dan klik Finish.
 
Langkah 8
Kembali pada jendela form dan ubah tampilannya menjadi Form View, Anda dapat mencoba perintah Macro dengan cara klik tombol Predikat tersebut, seperti gambar dibawah ini:
 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar